Lebih Baik Knalpot Senyap atau Knalpot Berisik?

Posted: Desember 13, 2013 in Uncategorized
Tag:, , , , , ,

Assalamualikum

Halo semua kali ini mau bahas tentang knalpot nih. Nah beberapa minggu lalu ninja 250 dirumah dikembalikan jadi standar. Copot undertail diganti spakbor standard lagi dan copot knalpot racing ganti knalpot standar lagi. Ada perbedaannya nggak? Ada  lah, akibat adanya spakbor kalau hujan air nggak muncrat sampai jok boncenger (memang fungsinya wkwk) dan kalau dipakai riding suara jadi sunyi senyap, perbedaannya jauh banget mungkin karena knalpot racing yang saya pakai termasuk bersuara gahar dan keras walau sudah pakai DB killer sekalipun (two brothers tepatnya) sedangkan knalpot standar ninja nggak ada suaranya malah yang kedenger suara mesinnya wkwk😆 . Akibat dari knalpot juga tarikan jadi kurang ‘plong’, agak nahan beda kayak waktu pakai knalpot racing.🙂

hanya ilusrasi semata :mrgreen:

hanya ilustrasi semata:mrgreen:

Setelah memakai dua jenis knalpot tersebut (standar dan racing) menurut saya ada positif dan negatifnya masing-masing. Nah ini perbandingan positif dan negatifnya (subjektif dari saya🙂 ) :

Positif Knalpot Racing (berisik)
1. Tenaga yang otomatis terdongkrak, performa motor jadi lebih mantab baik diputaran bawah sampai atas (utamanya atas mantab banget bos.
2. Sebagai speaker dari deru mesin 2 silinder yang terdengar merdu, apalagi waktu rpm tinggi bikin ketagihan betot gas hehe.
3. Suara yang keras bikin para pengendara motor lain waspada. Apalagi knalpot ini kenceng banget suaranya jadi ya pasti pengendara motor lain waspada.

Negatif Knalpot Racing (berisik)
1. Suara yang berisik bikin saya agak sungkan kalau naik motor. Nggak enak sama pengendara lain, apalagi sama tetangga kalau saya pas pulang malam.
2. Bisa kena Pak Polisi kalau didaerah saya (Madiun), soalnya ada oprasi zebra, musimnya razia.

Positif Knalpot Standar (senyap)
1. Suara yang kalem bikin nyaman riding karena nggak jadi perhatian waktu jalan (mau nggak mau kalau pakai knalpot racing pasti jadi pehatian soalnya kedengar suaranya dulu😀 ). Nggak sungkan sama pengendara lain dan terutama tetangga (maklum rumah di kampung mepet-mepet *nggak ada jarak antar rumah). Bisa ngobrol santai nggak perlu teriak-teriak kalau lagi bawa boncenger atau pas riding bareng teman.
2. Bebas razia, asal nggak ngelanggar lalu lintas dan komponen lainnya lengkap ya

Negatif Knalpot Standar (senyap)
1. Tenaga yang berkurang dibandingkan dengan memakai knalpot racing.
2. Deru mesin 2 silinder nggak kedengaran, bisa kedengaran kalau motornya di dekatin itupun nggak merdu beda sama knalpot racing.
3. Karena knalpot standar yang kelewatan senyap jadi ya bikin pengendara-pengendara lain nggak waspada apalagi body motor ini cukup besar. Pernah kejadian waktu saya mendahului motor lewat jalur kanan. Pas saya tepat di samping kanannya eh motornya ikut ke kanan juga mau nyalip pengendara didepannya. Untung dari arah berlawanan sepi kendaraan coba kalau rame ya nggak tau deh gimana.

images

Nah itu dia penilaian saya tentang knalpot standar ninja dan knalpot racingnya.
Kesimpulan : Untuk harian saya prefer ke knalpot standar, karena kesannya nggak mendominasi dijalan dan emang lebih ramah di telinga sendiri maupun pengendara lain. Tapi kalau pakai knalpot standar harus lebih waspada, dikarenakan suara yang senyap pengendara lain kadang nggak aware sama keberadaan kita. Untuk touring atau perjalanan jauh saya lebih prefer ke knalpot racing, karena suaranya yang bikin waspada pengendara lain. Apalagi musuhnya kan kendaraan-kendaraan besar gitu. Oh iya juga karena mendongkrak power biar lebih responsif walaupun konsekuensi bakal lebih boros.
Nah kalau mau pakai knalpot racing buat harian, cari saja knalpot racing yang nggak terlalu berisik😀 banyak kok. Jujur saya sebagai pengendara bakal kesel kalau dengar suara knalpot yang berisik banget, nggak enak didengar pula. Apalagi kalau naiknya ugal-ugalan.

Isi artikel ini subjektif penilaian dari saya, yah beda orang kan beda watak juga.🙂

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat
Maaf jika banyak salah
Salam dari Madiun Kota Gadis

Wassalamualaikum

Komentar
  1. PecelBoy mengatakan:

    Aduh pilihan yang gak terlalu berisik gak ada ya? hehe
    Pilih yang gak terlalu berisik aja oo

  2. 46@sukses.com mengatakan:

    Trgantung bwa mtornya,kalo suka hobbi nggebut mendingan yg brsuara gahar,biar pada minggir,kalo bwanya pelan,bgusan yg senyap,apa lgi lewat pemukiman padat,
    =saya pilih lagunya mbak vetti viera..yg sedang2 aja.

  3. stevant mengatakan:

    kalo kuatir gak kedengeran sama pengendara lain ya pake klakson dong….

  4. motogokil mengatakan:

    Bagi yang ngeyel tetep mau pake knalpot racing tapi nggak mau ditilang polisi, bisa main2 ke sini
    http://motogokil.com/2013/12/25/exhaust-knalpot-racing-dilarang-nggak-masalah-bikin-silencer-model-kayak-gini/

Menerima komentar yang membangun :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s