Pembuktian Minerva Megelli 250 RE, Dyno Test Bersama Honda CBR 250R

Posted: Desember 6, 2013 in Uncategorized
Tag:, , , , ,

Assalamualaikum

Halo semuanya udah lama nggak nulis artikel nih. Sebenarnya banyak yang pingin saya tulis tapi apa daya kok kalau sudah hadapan sama layar laptop mood bikin artikel jadi hilang. Dengan dibuka artikel ini semoga saya bisa balik rajin lagi bikin artikel hehe.

Oke belakangan ini saya terkagum-kagum dengan seekor motor sport 250cc berfairing. Bukan Yamaha dengan sosok prototype R25, bukan Honda dengan CBR dual headlampnya, bukan kawasaki yang sudah lama me-launching produk 250cc barunya dan bukan brand Jepang lain yang berlalulalang dipasar Indonesia. Bukan juga brand Eropa, Triumph dengan Daytona 250. Serta pastinya bukan brand Korea, Hyosung dengan GT250 nya. Saya terkagum-kagum dengan brand yang saya sendiri belum tau asal-usulnya yaitu Minerva, dengan Megelli 250 RE dan RV nya!

Minerva_Sachs_Megelli_250_RE_RV_red-1Belakangan ini di Madiun saya beberapa kali ketemu sama Minerva Megelli warna kuning, dan pasti kalau lewat jadi sorotan mata (peka banget kalau ketemu roda 2 langka dijalanan wkwk):mrgreen:. Nah karena itu saya akhirnya coba searching cari informasi lebih lanjut tentang Megelli di kaskus dan ketemulah thread serba-serbi Minerva Megelli Gen2 di kaskus. Baca-baca deh hmm motor setelah baca-baca dapat saya simpulkan motor ini sebenarnya high performance lho dan mesinnya bandel tergantung perawatannya aja gimana. Yah tiap produk ada pros sama cons masing-masih lah🙂.
Dan ada satu posting yang membuat saya kagum, bikin nyengir. Monggo simak aja

Posted by HRDesign
Dyno New Megelli

Bru MIG sekalian……

sy baru melakukan komparasi dyno test antara megelli 250 RE dengan CBR 250R.

kondisi adalah sbb :

1. Dyno dilakukan di tempat yang sama, dengan mesin dyno yang sama pula
2. Hp dan Torsi yang dicatat adalah ” on crank ” bukan ” on wheel ” perhitungan dengan simulasi rumus yang sudah di input ke dalam komputer
3. Kondisi Megelli masih baru ( standard ) sedangkan CBR 250 udah dipakai 4000km dengan modifikasi knalpot yoshimura karbon dan piggyback computer
4. Megelli dan CBR sama sama menggunakan oli baru dan dalam kondisi sehat

hasil dyno ini cukup membanggakan dimana megelli yg dianggap underdog ternyata dapat menghasilkan horsepower dan torque yang melebihi CBR 250

semoga berguna sebagai referensi untuk agan2 semua….

salam
Hendro – Minerva Malang

2874421_20131101104754
Pada Dyno test terlampir diatas CBR 250R mencapai tenaga max 24.374 HP/rpm dan torsi max 22.05 NM/rpm. Sedangkan Megelli 250RE mencapai tenaga max 25.097 HP/rpm dan torsi max 24.70 NM/rpm. Nah lo Megelli lebih tinggi hasilnya. Kondisi motor dijelaskan pada posting agan di kaskus diatas. Hebat juga ya ternyata Megelli yang seperti ‘nggak dianggap’ dalam persaingan motor 250cc bisa membuktikan bahwa Megelli pantas diperhitungkan.

2874421_20131101104744

cbr 250

cbr 250

Saya bikin artikel ini sudah dapat perseujuan dari agan HRDesign yang melakukan testing. Tapi ingat ya hasil dyno tsb adalah untuk keperluan testing dan tuning ( tidak untuk menjelekkan produk tertentu ).

Kesimpulannya : Jangan pandang sesuatu dengan sebelah mata! (berlaku dalam hal apa saja loh ya)
Buat orang-orang yang ingin meminang Megelli kuatkan lah hati dan tekat. Kalau emang sudah bulat ambil aja hehe:mrgreen:.

Yah sekian dari saya semoga bermanfaat. Ingat hasil dyno tsb adalah untuk keperluan testing dan tuning ( tidak untuk menjelekkan produk tertentu ) oke
Salam dari Maidun Kota Gadis:mrgreen:

Wassalamualaikum

Komentar
  1. PecelBoy mengatakan:

    Serem oo kalau udah ada yang rusak, onderdilnya itu lo… Hiiiii

  2. donimagie mengatakan:

    posisi setang sadis dibawah yoke, 30 menit berkendara di jakarta udah bonyok duluan

  3. ipanase mengatakan:

    siap balap nih, gassssssssssssss

  4. haryudh4 mengatakan:

    kalo cuma dari crank dan gak diukur langsung dari mesin dyno mah sama aja bohong…

  5. andre mengatakan:

    klo di lihat dari kurva nya sih pas dites ditreck masih bagusan CBR kyaknya cz diputaran lebih bawah dah nongol duluan sebaliknya diputaran atas masih bertahan gak langsung drop kyak si megelli ….
    cz kurva CBR lebih merata sebarannya sehingga berpengaruh saat penggunaan real di jalan bukan di dyno test, hal ini sudah dibuktikan saat dia adu sama KTM Duke 200 walopun PWR dan TWR trus top power dan top torsi kalah sma duke namun saat diadu dijalan masih menang CBR, itulah gunanya kurva diatas, dan ini sangat penting ….

  6. wang mengatakan:

    kayaknya ini cuma motor menang tampang kayak ninja250 sih . sebab perhitungan letak titik bobot berat dan rangka masih lebih sempurna cbr250 dibanding migeli dan ninja. buktinya cbr mudah kepreti ninja.

  7. Erit07 mengatakan:

    Mantappppp…

  8. ayoi mengatakan:

    wuih grafiknya megelli mulus juga yah…langsam banget nih kayaknya…josss!

  9. Robert mengatakan:

    Kalau boleh jujur ini motor 250 desain terbaik sayang Ketahanan enginenya masih tanda tanya

  10. narendrajunior mengatakan:

    Weh keren tuh, sayang d madiun ga da dyno, sekali2 pengen coba dyno motor

    Visit my blog : narendrajunior.wordpress.com

  11. alan mengatakan:

    USD ya mas??

  12. benz mengatakan:

    di dyno keliatan gede hpnya..begitu di naikin di jalan…gembos..ga percaya?cobo nen dewe..madiun mau dyno?ya ke solo aja lah…sekalian cornering di sarangan&tawangmangu…di solo bengkel nya taruna racing…kalo dyno aja ga nyampai 500 rb..paling 200 an..kalo 500 dyno + setting piggy / karbu…

  13. Bimo Sakti Isa Candi mengatakan:

    iku kan on crank to dek ketua paskibra, nah penyaluran ke wheel biasanya yg sedikit menghambat, kebanyakan kasus motor geto hahaha

  14. imanuel_khan mengatakan:

    Tinggal nguji durabilitynya. Kita tunggu 2-3 tahun gimana hasilnya. Hanya waktu yg bisa menjawab.

  15. initialD mengatakan:

    Migeli emang keren kyg ducati sekilas , tapi klo powernya hehe pernah lihat anak sma drag dadakan trek pendek sktr 300 meter, dan ane di depanya di toko Toko bnyak yg nonton , migeli vs vixion jalan sedikit licin hbs ujan suara tuh migeli roar roar , dan saat start roda 2nya sliding , hasilnya mengejudkan vixion mampu nempel habis tuh migeli , dengan rasa PD kedua anak sma mengulangi start (terutama yg naik migeli blayer2 ) hehe ane g tau kondisi kedua motornya tp masi pk knalpot stdr semua hasilnya tipiss , wkwkw , ane dan penonton cuma ketawa , n ada penonton yang ngomong motor gak bisa lari ngeden suarane tok gede kok dijajal (dicoba) terus to jon jon wkwkw , hehe ,,

    • pangben mengatakan:

      walah surem juga yaa thanks mas share pengalamannya😀

      • hery mengatakan:

        Bro, ga usah repot-repot urusin pendapat orang.
        Belum tentu yng bilang bgus ato jelek itu dah cobain sendiri.
        Kebanyakan cuma lihat punya orng lg cb balap brand vs brand.
        Kalo nggk paling cuma memperkuat argumen dari yg lain tnpa prktek langsung.
        Kl namanya diadu dijalanan kan banyak faktor misal nyali biker, timing pindah gigi, kondisi jalan dll.
        Mungkin kebanyakan yg mereka saksikan saat diadu bukan megelli generasi 2. Secara tampang 100% sama, tapi mesin jauh berbeda.
        Kl yg generasi 1 memang kurang bgus mesinnya bro secara spek jg kalah ama tiger, daya tahannya jg maaf kurang.
        Dulu saya jg ragu bro mau minang nih megelli krn banyaknya pendapat negatif
        Alhamdulillah setelah beli, nih mongtor mantabs abis bro. Megelli generasi 2 lho bukan yg pertma.
        Sebelumnya sy dah punya tiger, suzuki gs250x. Sebelum ambil megelli, cobain ninin, vixi, ama pio (cbr 250 blm ada saat itu). He..he.. kesimpulan akhir power enakan megelli.
        Saya pake buat harian pergi kerja aman saja. Sekarang dah masuk kilometer 14rb di odometer.
        Belum ada masalah sama sekali, cuma ganti kampas rem tiga kali (he..he… maklum sy pakenya ekstrim bro, g enak kl nih motor g dipake kenceng). Tau sendiri jalan 2-3 detik aja dah hrs rem lagi kl dikota saya.
        Nb: setiap motor punya karakter, masing2 punya plus minusnya. Tinggal balik lagi ke yg mau beli, maunya yg kayak gmn. Jgan terkecoh ama pendapat orang, kan yg ngerasain bro sendiri.
        Jadikn pendapat orng sebagai masukan, masalah ketahanan tergantung perwatan bro. Justru kalau kita khawatir, makin apik kita rawatnya.

      • pangben mengatakan:

        nice mas, thanks share pengalamannya😀

    • riku mengatakan:

      klu balapan tu ada triknya klu vixion nempelin meglli berarti xg pke meglli tu gak bs balapan klu pke motor xg ada koplingx tu harus tau maximal RPMnya brp,,,,,gak ble asal ganti gigi,,,,,jangan kn vixion motor ninja ae klu lawan MX ae kalah klu asal”an gati gigi ya ga bs lari tu motor,,,,,,,

  16. bikerkampung86 mengatakan:

    salam kenal bro….
    dulu ane juga punya megelli gen 1 tapi ya gtu kualitas jauh di bawah yg gen 2. Jd nya lumayan part2 yg harus diganti macam rem blkg gak presisi, pindahin kiprok/cdi ke bwh tangki soalnya posisi di bawah dket shock breaker jd klo kena jln berlubang/polisi tidur mlh mati, klistrikan kabelnya harus diurut di isolasi ulang klo gak bakalan konslet. itu aja sich dukanya pake melly tapi jgn salah taun 2011 kmaren itu motor ane bawa solo tuoring denpasar-pekalongan alhamdulilah aman gak rewel. sayang taun 2013 kmaren dijual buat nambah biaya kuliah adek ane yg kembar jd skrg pake supri buat keeja ama harian

    • WarriorMG mengatakan:

      Mau share aja…ane udah pake Megelli 250 RV ,hampir 2th sampe sekarang. Dari beli bersyukur ga ada kendala/trouble sama sekali. Salah satu point penting yg ane suka sama ni motor, sekali cewe ngelirik….langsung nempel gabisa lepas pandangan dari ni motor😀,, so,semua motor bagus,tergantung gimana perawatan motor’a. Salam satu aspal!

  17. az13se mengatakan:

    sekedar share ajah sobh, megelli gen 1 emang agak kurang untuk kualitas mesinnya tapi ituh tergantung kitanya sobh, buktinya ane kalo bawa dijalan kalo cuma ninja sama cbr mah jauh sobh, buat ane megelli tuh mantap dan yg penting ga terlalu nguras kantong .

  18. pongi mengatakan:

    kalian pada bodoh semua…. baca dyno ga bisa. semua dyno selalu dapat data awal dari onwheel hp sedangkan hp on crank didapat dari perkalian rumus loss from onwheel HP. ( yg muter tetep ban belakang – WHEEL ) cbr yg di dyno sudah pakai piggyback dan yoshimura itupun masih kalah dengan megelli, apalagi kalau standard bisa keluar 22hp aja udah untung.

    perhatikan juga kurva torsi megelli yang dari awal sudah menjulang tinggi, artinya power di rpm bawah sangat dahsyat. artinya kalau sama sama mau nyelip megelli tidak perlu turun gigi karena torsi sudah besar, sedangkan untuk CBR harus turun gigi dulu kalau mau ngikut Megelli

    CBR kalah HP, body lebih berat 20kg trus mau menang darimane? udah ga mungkin lahhh.

    ane sudah buktiin sendiri kalau cbr250 ga menang dari megelli. kalau elo semua pengen tau motor 250 yg paling kenceng itu cuma ninja250, setelah ninja ane pegang megelli 250 gen 2 setelah itu baru CBR250

    ane ngukur speed selalu pakai GPS, ngukur power pakai DYNO . kalao speedo sih pada ngaco semua dan ga akurat, apalagi agan2 bodoh di sini suka maen feeling. ampun jaman segini masih maen feeling

    kalo masih ga percaya silahkan dicoba sendiri supaya otak bodoh kalian bisa agak pinter sedikit

    • farrell mengatakan:

      Setuju bgt ama atas ane..sebagai pengamat(cmn bisa ngamati tnp mau beli) kita hrs objective..jgn sekedar liat brand trs kita under estimate ama tuh produk..kita mendewakan brand jepang krn otak kita dah biasa liat dan denger brand mereka(bertahun2 monopoli penjualan di indo)..coba sekali2 buka pikiran kita..banyak bgt brand2 yang bahkan kita tdk tahu bahwa mereka eksis di luar negeri. Untuk megelli sendiri udh terdistribusi hampir disemua negara eropa,afrika,timur tengah bahkan amerika yang begitu ketat,asal megelli sendiri dr inggris sodara2….di indo mereka numpang ATPM joint bersama minerva,mungkin brand ini yang membuat kalian menganggap remeh….dasar! Don’t just the book by its cover…gue sendiri pake megelli gen 1 type S ama gen 2 RE..mulai 2010 gag pernah rewel ato bahkan turun mesin,paling2 cmn ganti kampas rem aja(mesin sama sekali gag pernah dibongkar) pdhl gue pake kerja keliling jd sales rata2 60-80 km/hari . Kalo ama ninja jelas melli kalah krn perbedaan jumlah silinder itu dah pasti, tp klo ama cibi R sesama single silinder+radiator, megelli RE ane berani bejaban dah, jarak pendek ato jauh..drag maupun road race(tarikan awal ganas,top speed lumayan dapet) apalagi ditunjang dengan bobot yg minim(+- 135 kg) bedain dgn cibi yang hampir (+-160 kg)..Power to weight ratio jls menang megelli…………..tengkiuuuuuu brad

    • Adeknya Pongi ( si biji bangsat) mengatakan:

      wuidih mantap gan (agan pongi) klo mau liat top speednya aja saya dah bisa gila, top speed GPSnya aja 162kpj @youtubenya rafi superbike, itu motor ps-nya cuma 27 (gtau bener pa kaga) udah lumayan banget 162, bodynya ae guanas, tapi klo di itung-itung kita di pulau jawa mau kebut-kebutan dimana ?, diatas 180kpj ae ban lu meletus, belom anak-anak sd bangsat bawa motor lalu lalang…. lu nyampe 179 kpj naek 250cc di jakarta (jangan malem klo gamau motor disita) gw ancungin JUEMPOL. Salam 250 cc.

      tips 250cc kuenceng :
      – busi iridium denso
      -CDI Cheetah power pro / ECU TuneBoss
      -knalpot after market
      -karbu ganti yang lebih mahal / FI stock aja
      -ban ganti yang tipisan (tapi jangan ban cacing klo gamau mati)
      -bensin pertmx plus
      -pake helm
      -tubuh nempel ama tangki bensin
      -ganti gigi pas RPM mentok (obviously)
      -nyali lu gedein
      -inget “sayang anak”
      -blom tentu pas lu upgrade ketahanan mesin lu kuat. speed dah dijamin pasti nambah, tapi KETAHANAN MESIN LU GAKUAT, pecah mesin lu, alias wasalam idup lu.

      YANG KOMEN HARAP JAGA BAHASA N RESPECT ADMIN PLEASE

      Kebut- kebutan ada saatnya, jangan asal ngebut, mesinlu gasiap wasalam idup lo.

  19. riku mengatakan:

    tw tu xg koment aneh” tu berarti gak perna pke motor 250 cc kli,,,,,paling cma nton d jalan gt doang,,,,,bersyukur donk ada motor full fairing tp hargax terjangkau…..

  20. ari mengatakan:

    Megelli mantap
    Cbr 250 mantap
    Ninja 250 mantap

    Kemaren di drag bike kuansing
    Saya turunkan motor jupe mx 5 sped dan rxking 2005 saya
    Rx saya vs ninja 250 ,tipis mz bro,1 roda saja ane kla tipis
    Mx vs megelli ,ane kalah 2 ban
    Mx vs cbr ane menang 3 ban
    Ane dpat 3000.000
    Rx ane cuma upgrade kruk as a aj
    Mx ane kruk as sama pengapian

    Gue malah pengen beli megelli 250 re
    Mantap banget,body n lari a
    Harga a pun terjangkau
    Kawan ane beli secoen 8000.000 pajak mati
    Ane mau beli, 9-10 jeti bersih
    Lokasi taluk kuantan
    Hub.082283202556
    Sblum tlfon sms dulu

Menerima komentar yang membangun :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s