Persyaratan Teknis dan Laik Jalan Kendaraan Bermotor, Sudah Layak kah Kendaraan Anda? (lampu)

Posted: Juni 5, 2013 in Uncategorized
Tag:, , , ,

Assalamualaikum

Halo semuanya :D
Udah lama banget nggak bikin postingan nih, buka blog aja jarang banget jadi kangen haha. Nah sekarang ini saya mau berbagi pengalaman yang saya dapat dari mengikuti pemilihan pelajar pelopor tertib lalu lintas kota Madiun yang diadakan beberapa bulan lalu. Yah walaupun hasilnya saya nggak menang tapi alhamdulillah ilmu yang di dapat emang berguna banget apalagi bagi pengendara kendaraan bermotor :).

Materi yang diberikan pada pemilihan itu juga ditulis lengkap pada buku materi jadi bisa review2 lagi dan artikel ini saya buat berdasarkan informasi2 yang ada pada buku tersebut. :)

Foto0627_001

Disini saya akan memakai Si Sebeer (old cbr 2006) sebagai patokan layak jalan dengan (yes) dan belum dengan (no). Karena ada banyak saya akan mulai dari teknis dan laik jalan kendaraan bermotor untuk sepeda motor dengan atau tanpa kereta samping tenang lampu. Kendaraan bermotor untuk sepeda motor dengan atau tanpa kereta samping harus dilengkapi dengan lampu-lampu dan pemantul cahaya meliputi :

Lampu Utama Dekat

  • Berjumlah maks 2 / dua buah berwarna putih atau kuning muda. (yes)
  • Dapat menerangi jalan pada malam hari cuaca cerah sekurangnya 40m ke depan. (no, lampu cbr redup banget)
  • Bila lebih dari satu harus dipasang secara berdampingan sedekat mungkin. (yes)

Lampu Utama Jauh

  • Berjumlah maks 2 / dua buah berwarna putih atau kuning muda. (yes)
  • Dapat menerangi jalan pada malam hari cuaca cerah sekurangnya 100m ke depan. (no, cbr lampunya redup)
  • Bila lebih dari satu harus dipasang secara berdampingan sedekat mungkin. (yes)

Lampu Penunjuk Arah

  • Berjumlah genap dengan sinar kelap kelip berwarna kuning tua. (yes)
  • Dapat dilihat siang maupun malam oleh pemakai jalan lainnya. (yes)
  • Dipasang posisi sejajar di sisi kiri dan kanan bagian muka dan belakang. (yes)

Lampu Posisi Depan

  • Berjumlah paling banyak 2 / dua buah berwarna putih atau kuning muda. (yes)
  • Harus dapat dilihat pada malam hari cuaca cerah pada jarak sekurangnya 300m dan tidak menyilaikan pemakai jalan. (yes, mungkin)
  • Bila lebih dari satu harus dipasang secara berdampingan sedekat mungkin. (yes)

Lampu Posisi Belakang

  • Berjumlah 1 / satu buah berwarna merah. (yes, no, eh lampunya cbr 2 sih tapi masa gk boleh? dari jauh kelihaan 1 kok)
  • Dapat dilihat pada malam hari cuaca cerah pada jarak sekurangnya 300m dan tidak menyilaukan pemakai jalan. (yes, mungkin)

Lampu Rem

  • Berjumlah 1 / satu berwarna merah dan dipasang dibagian belakang. (yes)
  • Mempunyai kekuatan cahaya lebih besar dari lampu posisi belakang. (yes)

Lampu Penerangan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

  • Berjumlah 1 / satu buah. (yes)
  • Dapat dilihat pada malam hari cuaca cerah pada jarak sekurangnya 30m dari belakang. (yes)

Pemantul Cahaya

  • Berjumlah 1 / satu buah berwarna merah. (yes)
  • Tidak berbentuk segitiga dan dipasang pada bagian belakang. (yes, bentuknya persegi panjang)

Berdasarkan data diatas sebenernya Si Sebeer belum memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor untuk bagian penerangan (lampu). Tapi yah paling nggak sebagin besar udah memenuhi lah. :mrgreen:

Dari data2 diatas, ada beberapa pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pengendara bermotor tentang lampu yang sering saya temui, yaitu :

  1. Lampu belakang di ganti mika bening. Jadi lampu belakang berwarna kuning atau putih. Ada juga sih yang diganti warna dop merah tapi tetap silau broo.
  2. Lampu depan di ganti dengan lampu yang sangat-sangat menyilaukan, udah kaya kena flash camera aja.
  3. Lampu penerangan masih redup, jadi kalau penerangan dijalan gelap yah susah lihat kedepan. (ini saya)
  4. Lampu sein (penunjuk arah) dagnti dengan warna selain kuning tua. Entah itu biru, hijau, putih, merah dan warna-warna lain.
  5. Lampu penerangan TNKB kadang nggak ada. Jadi kalau malam kan plat nomor gk keliatan huehehe.

Nah bagaimana dengan motor bro2 semua, udah memenuhi persyaratan tentang lampu atau belum? :D

Yah sekian dari saya maaf kalau banyak salah karena masih belajar
Semoga bermanfaat
Salam dari Madiun Kota Gadis :mrgreen:

Wassalamualaikum

About these ads
Komentar
  1. haryudh4 mengatakan:

    CBR lawas emang lampunya gak banget, masih kalah sama Matic2 baru sekarang kaya Vario lumayan terang (dibanding CBR) :D

  2. daivan mengatakan:

    menerangi jalan di depan sejauh 40meter untuk lampu dekat dan 100meter untuk lampu jauh, kayanya lampu mobil yang bisa deh– motor jarang yang bisa sampe segitu –

  3. Erit07 mengatakan:

    Lmpu yg paling penting.

  4. stevant mengatakan:

    Banyak pelanggaran juga jarang di tilang sama pak Pol….kapan terakhir liat motor ditangkap gara2 pake mika bening, lampu depan silau, dsb….minimal di Jakarta gak pernah liat…paling banter kalau salah masuk jalur TJ itu juga kalau pak Pol-nya rajin….

  5. old cbr mengatakan:

    tapi emang mantap mas cibier’ny

  6. nbsusanto mengatakan:

    berarti kalo lampu belakang yang pake beberapa LED itu nggak boleh dong?padahal kan banyak juga yang lampu belakang nggak cuma 1 entah itu LED maupun bukan, seperti Tiger 2000, CBR lawas, Pulsar, Jupiter burhan, Shogun robot dan lain-lain. :|

  7. bimo96 mengatakan:

    alhamdulillah udah bro.
    oh ya bro apa.kabar? lama.gk ngeblog ane..

    kalo cbr dah memenuhi syarat ??? pasti nya udah tuh (y) hehe

    mampir k.warungku yaaaaa

    • pangben mengatakan:

      Alhamdulillah baik mas :)
      Iya saya juga lama gk ngeblog tambah sepi ini warung (padahal sebelumnya udah sepi)
      cbr ada beberapa yang belom mas :D
      Oh iya motornya baru yah? selamat yah mas akhirnya dapet motor impian :mrgreen:

      • bimo96 mengatakan:

        Dibakar blognya biar rame :D bkin kontroversi yg aneh2 gtu . Wkwkwk

        Yaa alhamdulillah.. Puxa mtor dohc walau msih bebek wek wek wek wek :D

Menerima komentar yang membangun :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s