Perbadaan Yamaha New Vixion Lightning and Honda CB150R StreetFire

Posted: Januari 3, 2013 in Uncategorized
Tag:, , , , ,

Assalamualaikum

Halo semuanya :D
Nggak tau dapat wangsit dari mana kok tiba2 kepikiran mengenai perbedaan dari NVL dan CB150R. Yang saya sebut perbedaan ini bukanlah perbedaan spesifikasi, mesin, body, bentuk atau apa2 saja yang terlihat, melainkan perbedaan misi yang harus dicapai dan apa resikonya.

CB 9

CB150R StreetFire

Yup udah pada tau kalau StreetFire ini emang di buat untuk menggulingkan kekuasaan Vixion yang di tahun2 lalu menjadi raja motor sport 150cc 4 tak di Indonesia.
He is a new comer! ya streetfire adalah produk yang benar2 baru dan emang diciptakan untuk menggulingkan musuhnya. Jika streetfire tidak bisa menggulingkan Vixion dari tahta kejayaannya itu nggak apa, its okay bro masih ada kesempatan lain untuk berbenah. Walaupun kelak CB150R nggak bisa menggulingkan Vixion paling tidak dia bisa mengganggu pasarnya walupun itu hanya sedikit, ini kembali lagi pada keadaan Honda yang sekarang. Lagipula Honda masih unggul di segmen lainnya (bebek dan matic) ketimbang Yamaha. CMIIW
Tapi jika misi dibuatnya CB150R ini berhasil dicapai yaitu dapat mengambil tahta Vixion, selamat Honda anda mampu ‘memindah’ mindset konsumen yang tadinya ada di Vixion menjadi ke CB150R.

2

New Vixion Lightning

Beda lagi dengan NVL (New Vixion Lightning). NVL di buat untuk meneruskan kejayaan sekaligus tugas Vixion yaitu mempertahankan tahtanya. Jika misi yang dibenamkan di NVL berhasil, there is nothing too much change, nggak banyak yang berubah dari keadaan sekarang yang memang posisi raja sudah di pegang Vixion.
Tapi jika misi itu gagal dijalankan oleh NVL dan CB150 dapat menggantikan posisi Vixion sebagai raja, ini adalah bencana bagi Yamaha! Semua segmen yang dimainkan oleh Yamaha akan di pegang oleh Honda sepenuhnya. Pemikiran konsumen akan berubah yang tadinya ke Vixion menjadi ke CB150. Dampaknya ke segmen lain? gk akan banyak, karena memang yang dapat membuat perubahan besar  kondisi pada suatu segmen adalah produk dalam segmen itu sendiri.

new-vixion-vs-cb150r

Nah dapat disimpulkan kalau kondisi Yamaha sekarang lebih kritis dibandingkan Honda. Emang mempertahankan itu lebih susah daripada merebut. Sekali kita salah mengambil langkah maka yang kita pertahankan itu akan jatuh ke tangan orang lain. Tetapi jika kita gagal merebut, kita masih mempunyai kesempatan lain untuk merebutnya. Ada tapinya, jika kita gagal merebut pastinya sesuatu yang ingin kita rebut itu akan lebih dijaga oleh pemiliknya, jadi belajar dari pengalaman.
Diumpamakan seperti motor A yang di ciptakan untuk menggulingkan kejayaan motor B tetapi motor A itu gagal untuk menggulingkannya. Maka motor B akan tetap mempertahankan kejayaannya dengan upgrade2, minor maupun major change.

NVL dan CB150? siapa yang akan menjadi raja?

Sekian analisis ngawur dari saya maaf kalau berantakan dan banyak salah karena masih belajar
Semoga bermanfaat
Salam dari Madiun Kota Gadis :mrgreen:

Wassalamualaikum

About these ads
Komentar
  1. syhrain mengatakan:

    hmm. pilih nvl deh.

  2. bagas29ps mengatakan:

    bikin macet. semoga bangkrut :lol:

  3. An_Syahri mengatakan:

    Menurutku bukan menggulingkan New Vixi mas… tapi menggerogoti pasaran NV yang mencapai 30rb-an per bulan itu… Karena klo menggulingkan kayake masih butuh waktu lama mas….

  4. putihviolet mengatakan:

    liat aslinya langsung jatuh cinta ama nvl :mrgreen:

  5. mottobiker mengatakan:

    lebih suka honda CB 150 ini penjualannya ga bisa nyalip vixion dulu,, nanti kan petinggi ahm sadarr akan standar styling motorsport yg sgt memperhatikan detail apalagi kelas gemuk 150cc seperti ini,, biar tutup tangki jendol dan ban mungil bisa diganti jadi minor change gtu

    http://mottobiker.wordpress.com/2013/01/03/sekali-kali-plus-iseng-ngulas-isi-dari-cycleworld-magazine/

  6. Asys Fandi mengatakan:

    Sdh liat dua2nya…keseluruhan msih jauh lbh bagus NVL…. tp baguslah konsumen lbh byk pilihan..!!

  7. vixy182 mengatakan:

    radiataor cb sama plek sepertix ukuran nya ya

  8. devan_jr mengatakan:

    Imho lho yaaaa.. dengan banyaknya populasi vixion lama dan promosi CB 150 di madiun yang menurutku tidak se-membahana di kota2 lain, NVL bakal lebih laku di madiun..
    alasan lain, menurut bapak pemasaran philip kotler, mempertahankan konsumen itu jauh lebih mudah dari mencari konsumen baru.. karena biaya untuk mencari konsumen baru 5x lebih mahal dari biaya mempertahankan konsumen.. sekarang tinggal yamaha aja gimana bikin pengguna old vixion untuk ganti motornya ke new vixie..

    eh aq ada yang gak setuju sama market segmen A tidak mempengaruhi segmen lainnya.. menurutq sih masih ada pengaruhnya walau tidak besar.. kecuali kalau merek tsb hanya berkonsentrasi ke satu segmen saja..

    • pangben mengatakan:

      Haha iya mas tulisan mas udah terbukti emang di madiun new vixion lebih banyak sliweran daripada CB150 :D
      menurut saya juga begitu, emang mempengaruhi tapi hanya sedikit :)

      • devan_jr mengatakan:

        bisa buat bahan sekeripsi ini.. kalau mau ambil pemasaran + mau standby di depan cahya sama MM buat bagiin kuesioner.. huehehehe

      • pangben mengatakan:

        Wah lagi ngerjain sekripsi semangat mas :D
        berarti nanti kalau saya lewat ada orang lagi berdiri bagi2in kuesioner di depan 2 dealer itu mas devan yah :lol:

      • devan_jr mengatakan:

        hahahaha.. aq sekeripsinya masih 1,5 tahun lagi.. lagian jg masih belum minat ambil marketing.. masih seneng finance ato human resources..

  9. Febri mengatakan:

    postingannya dari kemarin soal cb150R sama NVL, ada yg lain?

  10. SuRyA mengatakan:

    setelah ditimang2 sepertinya nvl memberikan sesuatu yang lebih kayaknya ya dik :)

    http://www.dk8000.co.nr

  11. brigade jalan raya mengatakan:

    Saya yakin raja sport ya masih new vixion secara desain (kasus byson nih) dan value (cb pas, nvl banyak lebihnya, kasus vario, justru nyatanya new vixion non kick stater di bawah harga cb. cmiwww).

  12. wiznu aza mengatakan:

    aq sdh pkai hond nmp gx bz lari, cb150R(tralis) jg larix kurang, mungkin mo aq lempar lagi….??
    aq jg pkai yama nv larix cukup bz mengimbangi, klau yama nvl blm aq coba tgg no blm kluar broo..
    klau mo cr king of street tetap msh dipegang ymh king cobra (mtr street gue, msh tersimpan MEMORIAL

  13. wiznu aza mengatakan:

    yama nvl tgg broo brg zdh zaip aq geber, tgg nmr lom kluar…. to be continued

  14. Syaiko mengatakan:

    Ah itu mah bkn pendapat orisinil anda, itu copy paste dari blog Manajemen Strategi. Dah pernah q baca sebelumnya…….jgn suka mengklaim pendapat orang lain, itu PLAGIATISME

    • pangben mengatakan:

      Sebelumnya saya minta maaf kalau emang udah ada yang bikin artikel kaya gini tolong kalau bisa di sertai buktinya. Jika emang ada mungkin hanya kesamaan pikiran aja ini ASLI dari PIKIRAN SAYA sendiri. Jangan mentang2 saya ini masih blogger ecek2 yang masih baru mas ngejudge seenaknya plagiat lah apalah. postingan2 diblog ini saya buat sendiri dari hasil mikir dan ngetik sendiri mas, jika ada info atau gambar yang saya ambil dari luar pasti saya sertakan sumbernya Makasih :)

  15. dewa mengatakan:

    jadi bingung tuk memilihnya gan,,,,,,,,,,,
    kalo menurut agan mending pilih yang mana & alasanya.
    thank’s,,,,,,,

    • pangben mengatakan:

      Wah saya bingung mas..
      Desain saya suka NVL, mesin saya suka CB gitu sih hehe :D.
      Untuk mesin saya suka CB itu maksudnya karakternya galak di putaran atas, kalau NVL cenderung galak di putaran bawah jadi kaya nyentak2 gitu :mrgreen:. Biar gk galau mending coba dulu deh kedua motor tsb biat lebih manyab buat minang yang mana mas :).

Menerima komentar yang membangun :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s