Suzuki Thunder 250, Sang “Street Intruder”

Posted: Desember 13, 2012 in Uncategorized
Tag:, , ,

Assalamualaikum

Halo semuanya :D
Udah selesai ulangan hore.. :D diwaktu selesai ulangan itu saya juga dapet kabar buruk yaitu bio dan kimia saya remidi :twisted:. Yah nasib emang gk ‘dong’ sama tuh mata pelajaran :roll:. Yup sampe rumah istirahat dan buka laptop bentar abis itu belajar bio (cie belajar :lol:) dan dapat panggilan buat nongkrong, yaah berangkat deh langsung meluncur ke pak bot dengan si ninin (udah seminggu gk dipake nih si ninin).
Di pak bot udah ada teman2 saya. Gk usah di sebutin satu2 yak paling juga gk kenal wkwkwk. Eh tapi gk kenal maka tak sayang, jadi biar sayang saya sebutin satu2 aja deh. Teman2 saya yaitu : Chesar, Rama, Luthfi, Jawara, Afif, Ilham, Novanda, BJ, Fandy, Malvien, Kevin, Nito, Ragil, Suluh dan PTP. (kalo kumpul dadakan malah rame, kalo kumpul rutin sepi wkwkwk).
Ada pemandangan yang jarang (tapi sebenernya gk jarang2 banget sih, lumayan sering), ternyata Fandy bawa Thunder 250nya :D. Wah tumben nih si Cetar di bawa keluar biasanya pake blade tercinta :).
Langsung samperin buat poto2 huehehe.

1thunder

Yup ini dia Thunder 250 “Street Intruder” (ada tulisannya gitu di bodynya, jadi artinya pengacau jalanan. Ati2 kalo ketemu thunder 250 lewat nanti jalannya goyang2 :D) alias GSX250 CMIIW. Buat motor lama masih tergolong kinclong nih motor, odometernya aja masih banyakan si sebeer huehehe :mrgreen:. Motor ini termasuk rare item lhoo, saya aja baru tau ada thunder 250 waktu dulu fandy pertama bawa ini ke sekolah (waktu SMP). Sayangnya sekarang udah di discontinue bro dan suzuki emang udah punya penggantinya. Udah tau semuakan GW 250? Motor touring mangstaaapp :D.
Motor ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 20 dk/7.500rpm dan torsi makimumnya yaitu 2,1 kg-m / 6.000 rpm. Buat motor 250cc di jaman sekarang sih tenaga kurang yah broo. Tapi eksklusifnya itu lho, rare item nih :D. Tenaga maksimumnya juga dicapai di rpm rendah yah karakter motor touring banget lah. Bore x stroke nya 72.0 mm. x 61.2 mm, yah sama-sama gede kaya CBR 250 lah yang punya bore x stroke 76.0 mm  x 55.0 mm, berarti nih motor 1 silinder :D.
Tapi kok pipa knalpotnya ada 2 gitu yah? selidik punya selidik motor ini punya teknlogi yang udah di patenkan suzuki yaitu TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber). Buat yang pengen tau apa itu TSCC monggo berkunjung ke sini dan sini karena saya gk mudeng walaupun udah baca :lol:.

2thunder

Berikut spesifikasi penuh thunder 250 bersumber dari sini
Panjang X lebar X tinggi : 1.975 x 765 x 1.075 mm ; Jarak sumbu roda : 1.310 mm ; Berat kosong : 132 kg ; Suspensi depan : Teleskopik 37mm ; Suspensi belakang : Lengan ayun, sokbreker ganda; Ban depan : 3.00 x 18; Ban belakang : 120/80 – 17 ; Rem depan : Cakram hidraulik 260 mm ; Rem belakang : Teromol; Kapasitas tangki BBM : 15 Liter; Tipe mesin : 4 Langkah SOHC, TSCC, pendinginan udara ; Diameter x langkah : 72 x 61,2 mm; Volume langkah : 249 cc; Perbandingan kompresi : 9,0 : 1 ; Sistem pengapian : CDI ; Karburator : Mikuni BSR 32 mm ; Daya maksimum : 20 dk / 7.500 rpm; Torsi maksimum : 2,1 kg-m / 6.000 rpm; Kopling : Manual , tipe basah; Gigi transmisi : 5 kecepatan.

Wow motor 250cc berat 132kg termasuk enteng lhoo. Ninja 250 170kg, cbr 250 160kg dan GW250 180kg :shock:.
Karena kunci kontaknya nyantol langsung bilang sama Fandy mau nyoba huehehe. Pake helm (bukan helmnya hohe tapi *helm nhk saya yang motif hohe huehehe, tapi pake helmnya BJ ink warna orange yang nggeletak di motornya Fandy :D.

3thunder

Oh ya karena rumah kuncinya rusak jadi kunci bisa di cabut walaupun keadaan mesin on jadi jangan lupa slempangin tali yang sudah disediakan ke spion biar nanti kalo terbang pas dibawa jalan gk langsung terbang :D.
Nyalain kontak wooo ternyata akinya baru diganti jadi gk perlu pake kick starter (pengalaman ngoglek *pake kick starter buat nyalain motor ini bener2 harus penuh dengan tenaga dan perasaan).
Nyalain hmm suaranya enak khas motor 1 silinderlah tapi rada ngebass gitu. Wuusss weh tarikannya enak bro motor touring gitu :D. Bodynya agak geter2 maklum deh motor lama tapi gk parah kok masih taraf normal. Coba geber dikit wuuuut emang manteb ini torsinya huehehe :D. Walaupun dilihat dari speknya motor ini overbore (ya kaya CBR 250 berarti karakternya, overbore tapi tarikannya mantab).

Posisi duduknya nyaman bro, jadi tangan dan badannya lurus gitu dan pastinya gk bikin capek kalo jalan jauh :), tapi aneh juga kebiasaan nunduk terus naek motor stang baplang :mrgreen:
Oh ya saya gk berani explore lebih jauh soalnya kondisi jalan masih rame kan bahaya :D.
Nih poto2nya

6thunder

7thunder

7thunder

8thunder

Awas DP!!!

9thunder

Yak sekian dari saya maaf kalo berantakan karena masih belajar
Semoga bermanfaat
Salam dari Madiun Kota Gadis :mrgreen:

Wassalamualaikum

About these ads
Komentar
  1. pecelBoy mengatakan:

    xixixi kontak.e pancet ae “blong” koyo skorpio q biyen…..

  2. bagas29ps mengatakan:

    ini 250 cc beneran yah? kok kelihatan kecil banget :D

  3. mottobiker mengatakan:

    bisa dibilang ini motor legendaris

  4. SuRyA mengatakan:

    salah satu motor langka yg muncul di masa yg salah alias terlalu maju dijamannya
    seperti kesukaan suzuki jaman dulu. inovasi tiada henti :)

    http://www.dk8000.co.nr

  5. Adhitya Ramadian mengatakan:

    motor bagus, salut untuk yang ngerawatnya :)

  6. ax125 mengatakan:

    Bio dan kimia remidi??
    Jatah mlebu ips masbroo…
    Ips= ikatam pelajar suram :lol:

  7. An_Syahri mengatakan:

    Dimodif cafe racer kayake keren nich…

    http://nzahry.wordpress.com/

  8. Ochim masih karbu mengatakan:

    wah sayangnya poto kurang jelas,cuma samar2 doank…

  9. touringrider mengatakan:

    wah masih bagus.. sy dulu pernah hunting motor ini, sayang langka sekali yang punya.

    pernah nguber thunder 250 ini pake scorpio, weh.. dikepret.. secara akselerasi bisa ngatasi, namun antengnya, anteng Thunder.. so lari 130 scorpio wes serem, eh si bapak yg naik thunder nyantai aja.. wkwkwkwkwk

  10. ax125 mengatakan:

    Suramm bener dehh :mrgreen:
    Kayak daku dan kawan2ku yg kesulitan nyari jurusan buat kuliah karna pilihan terbatas… :( :oops:

  11. shogun110tromol mengatakan:

    motor berTSCC ngga selamanya bercabang dua lubang exhaustnya mas :smile:

    seinget aku Raider FU125 juga TSCC

    • pangben mengatakan:

      Saya masih kurang mudeng mas sama TSCC :roll:
      itu pipa knalpot 2 buat pembuangan lebih lancar kali ya??

      • shogun110tromol mengatakan:

        TSCC itu sebenernya aku juga masih kurang ngerti, cuma yang aku tau, itu ngakalin desain dome ruang bakar, jadi turbulensi campuran bahan bakar dan udara jadi dua, gak satu kayak di motor non TSCC…..efeknya sih bikin pembakaran lebih sempurna….katanya

        betul….pipa knalpot dua bikin pembuangan lebih plong, tapi ujung2nya juga disatuin di mufflernya

      • pangben mengatakan:

        Hmm ok mas thanks ya penjelasannya :mrgreen:

      • kumbang malam mengatakan:

        Honda sebenarnya juga mengadopsi TSCC di kelas tipe tertentu, namun yg membdakan SUZUKI ini arah aliran udara nya VERTIKAL sedang Honda Horizontal, memang benar Thunder 250 sesua dg namanya Pengacau jalanan, dengar top speed nya pun mampu bersaing dg Ninja 250, sebenarnya mesin Thunder 150 siiap upgrade P n P dengan jeroan sang kakak 250 ini, untuk ini suzi tdk perlu mengeluarkan lagi, cukup yg Thundie 150 dg fokus ketahanan dan konsumsi BBM paling irit di kelas Motor Laki. Ingat kalau mau upgrade Thundie 150 bisa pakai jeroan thundie 250 P n P – siiiip : SUZUKI way Of Life

  12. adrian mengatakan:

    anak bau kencur tapi dah kayak bloger yang lebih senior, salut deh.

  13. Azhar mengatakan:

    Dijalan dan tempat parkir jarang ditemukan

  14. gsxr1300r mengatakan:

    motor classic jepun..
    Syang ud aq jual pdahal susah nyarinya.
    Alhasil d gnti deh ama si INAZUMA. Yg lbh moderen. Hehe

  15. Gudnaite mengatakan:

    Blog-nya keren (gw aja belom tentu bisa bikin blog kaya begini) mangstab bro..
    Salam buat temennya yg punya thunder250..MOTOR nya kereenn..!! Bagus perawatannya..

    Buat motor ini sebenernya jarang bgt rewel, asal service rutin aja, dan oli diganti secara berkala (secara..yg bisa ngalahin panas mesin nya cuma moge) hehe..
    Aplikasi oil cooler bisa digunakan untuk meredam panas mesin thunder 250
    (Lebih bagus lagi kalo make oil cooler moge..mesin adeeemmm)

    Keep up the good work bro..

  16. Atha mengatakan:

    motor keren nih bro, bonsai dari Suzuki Bandit 250,

    sekarang dilanjut oleh Suzuki Inazuma 250 cc, tapi menganut 2 silinder

  17. motor butut mengatakan:

    mantap blognya. keep blogging and safely riding.

  18. andiphebe mengatakan:

    merah kayak punyaku…
    dari pertama sampai sekarang aku buat harian, mesin masih bertenaga, memang motor awet dan tangguh, buat touring memang mantap!
    tp punyaku kunci kontaknya udah dari dulu posisi on bisa dilepas.., apa memang seperti itu ya? kalau terbang sih gak mungkin, buktinya kunciku gak pernah hilang…

    • pangben mengatakan:

      Motornya emang mantab mas :D
      masalahnya 1 mas.. punya temen saya kuncinya pernah terbang dan hilang :lol: untung di temuin orang trus dikembaliin ke rumahnya (kunci + gantungan + stnk yang terbang jadi 1 soalnya :mrgreen:)

  19. Thunder GSX250 mengatakan:

    ane punya bro, warna item udah minimoge..
    baca” diblog lain, kira” motor ini udah 4000 unit lagi yg aktif dari 8000 produksi
    asiknya naik motor ini tuh gengsi naik bro, dan bakal minder kalo udah ada harley davidson/moge” lainya :D
    tapi kalo cbr/n250 ane lawan deh :v

  20. jhojo mengatakan:

    thunder emang buanterrrr ,kemarin di sentul di tandingin anatara thunder 250 VS Ninja 250 ,dan dng resmi yg menag thunder gan …

    wahwuahaaaa

Menerima komentar yang membangun :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s